Selasa, 24 Juli 2018

Pentingnya Pengenalan dan Pemanfaatan TOGA Sejak Dini


Kegiatan menanam Tanaman Obat Keluarga ini berlangsung pada hari Selasa 24 Juli 2018 jam 08.00 WIB di Halaman Sekolah SMP Darussalam Geger Bangkalan Madura. Menurut kami menanam merupakan kegiatan meletakkan bibit atau benih di dalam tanah agar dapat tumbuh. TOGA adalah singkatan dari tanaman obat keluarga. Tanaman obat keluarga pada hakekatnya sebidang tanah baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. Sebenarnya menanam tanaman obat (TOGA) adalah pola hidup yang sederhana, yaitu dengan memanfaatkan tumbuh-tubuhan yang bisa dijadikan sebagai obat dalam kehidupan sehari-hari misanya seperti kunyit, temulawak, temu ireng, jahe, mahkota dewa, kencur dan lain-lain yang bisa dijadikan sebagai obat herbal, karena setiap tumbuhan tersebut mempunyai manfaat tersendiri untuk mengobati penyakit tertentu.

Kegiatan ini merupakan salah satu pengabdian ilmu biologi yang dapat kita lakukan di dalam rangkaian proses kelompok KKN Tematik 74 Universitas Trunojoyo Madura. Maksud dari kegiatan ini adalah memberi pengetahuan kepada siswa-siswi SMP Darussalam Geger Bangkalan Madura untuk mengenal tanaman-tanaman obat yang dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mencegah penyakit-penyakit ringan sebelum memutuskan pengobatan medis yang menggunakan obat-obatan kimia dan mempraktekkan cara penanaman tanaman obat keluarga yang baik dan benar menggunakan polibag.

Tujuan utama kegiatan menanam tanaman obat (TOGA) yaitu supaya siswa-siswi SMP Darussalam Geger Bangkalan Madura dapat mengetahui Manfaat dari penggunaan tanaman herbal khususnya tanaman obat dalam kehidupan sehari-hari sebelum memutuskan untuk berobat ke dokter yang menggunakan bahan-bahan kimia dan mengajarkan kemandirian siswa agar sadar bahwa menanam tanaman obat keluarga sangat mudah dilakukan.

0 komentar:

Posting Komentar