Minggu, 12 Agustus 2018

Geografis Desa Banyoneng Dajah



Desa Banyoneng Dajah merupakan salah satu desa yang memiliki letak cukup strategis. Secara geografis Desa Banyoneng Dajah ini wilayah sebelah utara berbatasan dengan Desa Bengsereh. Desa Banyoneng Dajah terletak di Kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan dengan luas administrasi 5,28 km2 /528,150 Ha. Dibawah ini merupakan skema perbatasan Desa Banyoneng Dajah:


keadaan dua cuaca yang sama bisa dirasakan di Indonesia, begitupun bisa dirasakan di Desa Banyoneng Dajah. Yaitu panas dan dingin. Di Desa Banyoneng Dajah pada saat musim kemarau di siang hari cuaca terasa panas, diperkiraan suhu berkisar sampai 35o Sedangkan untuk malam hari dan waktu subuh cuacanya sangat dingin, yang diperkirajan suhu bisa mencapai 22o. Hal ini karena Desa Banyoneng Dajah berada di dataran tinggi. Banyak sekali perbukitan dititik-titik tanah yang ada di Desa Banyoneng Dajah, Kecamatan Geger – Bangkalan. 
    Pola pembangunan lahan di Desa Banyoneng Dajah lebih didominasi oleh kegiatan pertanian pangan yaitu padi. Dengan menggunakan perairan Irigasi Teknis. Desa Banyoneng Dajah merupakan salah satu desa yang memiliki letak yang cukup strategis. 
    Secara geografis desa wilayah sebelah utara ini berbatasan dengan  Desa Bengsereh Kecamatan Bangkalan Kota yang juga memiliki areal persawahan yang sangat luas.
   Transportasi antar daerah juga cukup lancar, hal ini karena Desa Banyoneng Dajah merupakan desa yang berada dijalur utama jalan provinsi bagian utara Madura. Desa Banyoneng Dajah juga memiliki akses jalan yang menghubungkan kecamatan Geger dengan kecamatan-kecamatan dijalur utara Kabupaten Bangkalan sehingga berdampak pada aktivitas mobilisasi di Desa Banyoneng Dajah cukup tinggi, khususnya mobilisasi angkutan hasil-hasil pertanian maupun sumber  kegiatan ekonomi.
    Adapun jenis tanah di Desa Banyoneng Dajah pada umumnya termasuk jenis tanah tanah ALUVIAL, dimana jenis tanah ini cukup sesuai dengan kegiatan pertanian namun cukup labil, sehingga mengakibatkan banyak jalan di Desa Banyoneng Dajah yang cepat rusak

0 komentar:

Posting Komentar