Minggu, 12 Agustus 2018

Perekonomian Desa Banyoneng Dajah

      Kegiatan sosial ekonomi masyarakat Desa Bayoneng Dajah merupakan pendukung utama terhadap perkembangan perekonomian masyarakat dan menjadi salah satu usaha untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Kegiatan ekonomi yang berkembang di Desa   Banyoneng Dajah dipengaruhi oleh kgiatan sosial keagamaan  yang sebagian besar diikuti oleh unsur pemuda, tokoh agama,  kaum perempuan dan lainnya. dan dapat dijadikan wahana transfer pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan dan berkesinambungan , sehingga diharapkan dapat menjadi embrio bagi kelanjutan pembangunan  Desa Banyoneng Dajah.
     Ekonomi merupakan bagian yang sangat berpengaruh bagi pertumbuhan suatu wilayah oleh karena itu di setiap sumber daya alam yang potesial dan dikategorikan sebagai unggulan perlu dikembangkan lebih lanjut dalam sentra-sentra produksi. Adapun unggulan yang potensial dapat dikembangkan di desa Banyoneng Dajah dan menjadi modal dasar pertumbuhan wilayah adalah pertanian, perdagangan, dan peternakan.
     Selain padi sebagai kegiatan pertanian utama padi, juga petani di Desa Banyoneng Dajah bercocock tanam jagung, jenis jagung yang ditanam di desa ini adalah jenis jagung varietas jagung lokal. Tanah di Desa Banyoneng Dajah sangat cocok ditanami jagung karena sebagaian tanah di Desa ini cepat kering ketika dituruni hujan pada saat musim hujan.
 Juga selain jagung dan padi, jenis pangan yang bisa ditanam di tanah Desa Banyoneng Dajah ada juga Singkong dan Ubi Jalar. Ubi Jalar di Desa Banyoneng Dajah dapat tumbuh subur, akan tetapi masyarakat tidak mengoptimalkan karena masyarakat tidak bisa mengolahnya. 


0 komentar:

Posting Komentar