Sabtu, 11 Agustus 2018

Malam Inagurasi yang Ditunggu-tunggu


Universitas Trunojoyo Madura merupkan salah satu Perguruan tinggi negeri yang berdomisili di wilayah Kabupaten Bangkalan, Madura. Dalam menunjang kemampuan mahasiswa, Universitas Tunojoyo Madura memberikan kesempatan kepada para mahasiswa dan mahasiswinya dalam mengasah kemampuan yang  langsung yang dikemas kedalam mata kuliah KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang disebar kebeberapa desa di pulau Madura. KKN yang dilakukan memiliki beberapa fokus sasaran yaitu tematik, BKKBN, kebangsaan.

18 Juli 2018 perkuliahan KKN dimulai, kami dari KKN 74 Universitas Trunojoyoo Madura (UTM) fokus sasaran kepada tematik pangan dan pariwisata. KKN 74 UTM mendapat tempat atau desa yang akan menjadi sebuah wadah dalam mengasah kemampuan. Terutama dalam bermasyarakat dan kekompakan bekerja sama. Desa tempat kami belajar adalah Desa Banyoneng Dajah yang terletak di Kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan. Beberapa program kerja dibuat dengan sedemikian rupa demi tujuan membangun desa menjadi lebih baik dan mengasah kemampuan mahasiswa untuk lebih mampu dalam bermasyarakat.

Keluh kesah dalam menjaga kekompakan selalu datang setiap harinya.  Hari demi hari sudah terlewati dan malam akhir perpisahan dengan seluruh masyarakat desa telah tiba. Malam perpisahan atau sering disebut malam inagurasi atau lainnya menjadi puncak dari berakhirnya kuliah kerja nyata. Malam inagurasi dilakukan pada tanggal 11 Agustus 2018. Acara inagurasi berhubungan dan berkelanjutan dari acara lomba dalam memperingati HUT RI ke-73. 

Dalam acara inagurasi yang bekerja sama dengan Karang Taruna Desa Banyoneng Dajah dan sekaligus melakukan pelantikan karang taruna. Acara ingaurasi KKN 74 UTM dimeriahkan oleh banyaknya penampilan-penampilan yang sangat menghibur. Beberapa penampilan yang dilakukan mulai dari partisi siswa-siswi SDN Banyoneng Dajah 2 yang menampilkan Tari tradisional dan menyanyi. Beberapa anak di Desa Banyoneng Dajah juga turut berpartisipasi dalam lomba fashion show yang juga ditampilkan ketika malam inagurasi. Musikalisasi puisi dari anak-anak yang juga berkolaborasi bersama KKN 74 UTM, beberapa penampilan akustik yang menyanyikan lagu perpisahan di iringi dengan sendu tangis yang sangat tidak ingin ada perpisahan. Dalam malam inagurasi juga menampilkan sebuah teatrikal yang berjudul “Apakah kita sudah merdeka?” karya dari Putu Wijaya. Dengan beberapa kemeriahan lainnya membuat keseruan tersendiri bagi KKN 74 dan masyarakat Banyoneng Dajah.                                                                                                                                                         
                                                                                                                      

2 komentar: